POST

Cara Mencegah Timbulnya Kanker dan Gejala Kanker Serviks Stadium 3

Gejala kanker serviks stadium 3 pastinya dialami oleh para penderita kanker serviks. Sebelum mengalami gejala-gejala tersebut, penderita biasanya akan mengalami gejala kanker serviks stadium awal terlebih dahulu. Sayangnya, tidak semua penderita menyadari bahwa dirinya sedang mengalami gejala dari stadium awal tersebut. Berbeda dengan stadium awal, gejala kanker serviks yang telah memasuki stadium 3 lebih terasa dan terlihat dengan lebih jelas. Karena gejala dari kanker serviks stadium 3 tersebut dapat dilihat dengan lebih jelas, penderita dapat melakukan pencegahan sejak dini sebelum penyakit kanker serviks tersebut semakin parah kondisinya.

Pencegahan kanker serviks dapat dilakukan dengan tidak berhubungan seksual dengan pasangan yang berbeda. Menghindari hubungan intim di usia yang belia merupakan pencegahan lain yang dilakukan agar kanker serviks tidak menyerang diri kita. Tidak merokok dan selalu mengkonsumsi sumber makanan yang sehat menjadi pencegahan kanker serviks yang lainnya. Jika kegiatan tersebut dilakukan dengan baik dan benar, gejala kanker serviks tidak akan menyerang tubuh kita. Seperti yang dibahas sebelumnya, gejala kanker serviks stadium 3 tidak akan terjadi jika kita melakukan pencegahan sejak dini. Jika kanker serviks tersebut telah menyerang, menjalankan pengobatan merupakan cara terbaik yang dapat dilakukan. Berbicara mengenai gejala kanker serviks stadium 3, ada beberapa gejala yang patut untuk diwaspadai seperti:

·         Keluarnya urin atau kotoran melalui lubang vagina

·         Terjadinya retak dan patah tulang

·         Timbul rasa nyeri yang disertai dengan pembengkakan pada kaki

·         Berat badan yang turun secara drastic

·         Sakit pada area punggung

Gejala kanker serviks stadium 3 tersebut tidak semua dialami oleh penderita. Setiap penderita kanker serviks akan merasakan gejala yang berbeda-beda sesuai dengan kondisi tubuh yang dimilikinya. Semakin buruk kondisi kanker serviks yang diderita, semakin banyak gejala dan rasa sakit yang akan dirasakan oleh penderita. Dampak terburuk yang harus dialami oleh penderita kanker serviks adalah pengangkatan organ vagina. Mereka yang melakukan pengangkatan organ vagina tidak memiliki kesempatan lagi untuk hamil dan memiliki anak.